pacific link

pelayanan informasi & konsultasi obat

14 Juni 2000
Obat gatal-gatal yang mujarab untuk tubuh


Umur Saya 26 tahun, B.badan 48 Kg, Tinggi 158 Cm. Mengalami gatal-gatal di tubuh bagian betis,paha,tangan. Berbentuk biang keringat,sebesar uang Rp.25,- tetapi berkelompok-kelompok (tidak merata). Sehingga meninggalkan noda hitam di betis padahal sebelumnya kaki saya mulus tidak ada noda hitam. Saya pernah tanya dokter umum, katanya kemungkinan elergi, sudah dikasih obat tapi tidak ada hasil malah bertambah. Dan saya sudah coba Canesten, Salep 88, Salep Pagoda, dll yach hasilnya sama saja. Saya jadi malu pakai rok/celana pendek (tidak pede). Perlu diketahui saya seorang ibu rumah tangga mempunyai seorang anak laki-laki yang berusia 3 thn saya masih aktif bekerja dikantor. Yang ingin saya tanyakan adalah:
  1. Termasuk Nama/Penyakit apa yang saya alami.
  2. Apa penyebab penyakit tersebut.
  3. Obat apa yang cocok untuk saya.
  4. Obat apa yang bisa menghilangkan noda/bekas tersebut.
  5. Saya mohon jawabannya secepat mungkin, please, terima kasih
Terima kasih, (LUCY)


Jawab :

Ibu Lucy Yth,
  1. 1 dan 2, sebaiknya ditanyakan pada program TPD di Pacific ini.
  2. 3, bila dokter mengatakan bahwa anda alergi, maka obat yang anda gunakan tersebut BUKAN obat alergi , jadi kurang tepat. Anda lebih cocok menggunakan obat-obat untuk alergi,dan ini mungkin butuh kesabaran,sebab pengobatan alergi susah-susah gampang. Cobalah dicermati kira-kira apa faktor penyebabnya. Apakah makanan,kosmetik,udara , stress atau obat!!!??. Hindarilah faktor penyebab ini.
  3. 4, noda bekas alergi akan dapat hilang dengan sendirinya,walaupun butuh waktu agak lama.


Terima kasih atas partisipasinya.
Salam
Dra. Naniek S. R. Apt.
Apoteker



14 Juni 2000
Obat untuk biang keringat


Saya mempunyai seorang anak laki-laki berumur 11 bulan, pada saat umur 3 bulan anak saya terkena biang keringat, pada awalnya saya kasih bedak Salicyl untuk mengurangi rasa gatal atau saya olesi minyak kelapa yg dibuat sendiri karena menurut embah saya minyak kelapa bagus utk biang keringat, tetapi sampai sekarang biang keringat itu masih suka timbul apalagi mengingat anak saya yang sangat lincah sekali dan saya bingung lagi bekas biang keringat itu putih dan hilangnya lama sekali. Pertanyaan saya obat apakah yang cocok utk menghilangkan biang keringat itu serta bekasnya.

Terima kasih, (Alifia)

Jawab :

Ibu Alifia Yth,

Bedak salisilyang ibu gunakan mengandung Asam Salisilat yang bisa bersifat menipiskan lapisan kulit. Nampaknya terlalu keras untuk kulit putera ibu yang masih sangat halus. Gunakan bedak atau lotion yang mengandung Calamin, ( misalnya : bedak/lotion Calamin, bedak/lotiuon Caladryl). Sebelum penggunaan obat-obat ini, daerah biang keringat dibersihkan dahulu dengan lap basah, kemudian keringkan. Setelah bersih dan kering baru diberi bedak/lotion. Selamat mencoba semoga berhasil.

Terima kasih atas partisipasinya.
Salam
Dra. Naniek S. R. MSi
Apoteker





copyright 1999 PInter Indonesia.