pacific link

pelayanan informasi & konsultasi obat

25 November 1999
vitamin obat untuk anak


Saya mempunyai anak laki2 lahir 28/3/98. mulai berumur 11 bln tdk mau makan nasi dll. dia itu hanya minum susu tiap hari/saat. buah juga tdk mau. pokoknya hanya susu saja. bulan okt. kemarin saya beri dia obat cacing Combantrin dosis sekali minum tetapi berhubung anak saya masih kecil jadi saya beri 1/2 dosis. yang ingin saya tanyakan:
  1. Sebaiknya berapa bulan sekali minum obat Cacing?
  2. Apakah ada efek sampingnya kalau terlalu sering minum obat cacing (sebulan/2bulan).
  3. Obat cacing apakah tdk mempengaruhi perkembangan otak si anak?
  4. Sekarang saya masih menyimpan 1/2 dosis combantrin. apakah boleh diminumkan lagi/dibuang? (saya simpan dikotak obat yang terlindung dari cahaya matahari) Kalau boleh diminum, sebaiknya kapan (bulan berapa)?
  5. Vitamin apa yang membuat anak suka makan & cerdas?
  6. Anak saya selalu saya kasih vitamin scotts emulsion setiap jam 7 sore, satu sendok makan dan saya campur dng susunya di botol susu. karena dia akan muntah kalau hanya minum vitaminnya saja pakai sendok.
yang ingin saya tanyakan:
  1. Apakah khasiatnya akan berkurang kalau saya campur dng susu?
  2. apakah tdk ada efek sampingnya kalau saya minumkan setiap jam 7 sore (anak saya kalau tidur jam 7 atau jam 7.30)
  3. apakah boleh anak dikasih minum 2 vitamin (mis. scotts dan vit "X") mengingat anak saya tdk mau makan?
  4. kalau boleh tolong dikasih info vitamin apa yang bagus u/ anak yang tdk mau makan.
Maaf kalau pertanyaannya terlalu banyak dan terima kasih atas jawabannya. Terima kasih, (romiati)


Jawab :

  1. Tidak ada ketentuan tiap berapa bulan sekali menggunakan obat cacing. Gunakan obat cacing hanya bila diperlukan, antara lain bila terlihat tanda-tanda misalnya : tidur anak sering terganggu karena malam-malam sering terbangun karena gatal-gatal pada anusnya (anak selalu mengaruk-garuk). Bila ibu merasa curiga terhadap adanya kemungkinan “kehadiran” memeriksakan (bila ada) lengket-lengket disekitar anusnya; agar bisa  dipastikan ada / tidaknya cacing serta jenis cacingnya, supaya bisa dipilih obat yang paling tepat dan tentunya ini melalui
  2. Efek samping yang timbul biasanya : diare, mual, muntah, sakit kepala / pusing, sukar tidur, dan mungkin juga nafsu makan menjadi berkurang. 
  3. Tidak. Namun Combantrin adalah obat cacing yang mengandung pirantelpamoat. Pirantelpamoat digunakan pada anak-anak di bawah 2 tahun hanya bila dokter menganggap perlu.
  4. Untuk putra ibu yang masih berusia dibawah 2 (dua) tahun, jangan menggunakan obat cacing tanpa konsultasi dengan dokter sebagaimana saya uraikan di atas. Artinya obat cacing pirantelpamoat ini hanya digunakan bila memang benar-benar diperlukan. Pemberian obat ini adalah dosis tunggal, artinya cukup satu kali pemberian saja. Namun untuk memastikan pengobatan tuntas, tunggu sampai telur cacing (yang tak terbasmi oleh obat ini) berubah menjadi cacing. Kira-kira 2 (dua) minggu setelah pemberian I berikan lagi dosis tunggal yang ke II. Untuk jenis cacing tertentu, digunakan selama 3 (tiga) hari berturut-turut.
  5. Tidak ada. (Lihat pada artikel : ingin gemuk vs ingin kurus
    • Khasiat tidak berkurang.
    • Efek samping tidak ada, tetapi justru efek utama akan lebih baik bila diberikan pada pagi / siang hari.
    • Scott emulsion mengandung vitamin A dan D. Kalau mau dilengkapi pilih vitamin lain yang mengandung vitamin B dan C.
    • Vitamin adalah sebagai pelengkap. Yang penting adalah keragaman makanan yang dikonsumsi oleh anak-anak, yang memenuhi konsep kecukupan gizi.

    Ibu Romiati yth, cukup panjang jawaban saya, namun barangkali masih belum cukup lengkap sesuai yang ibu inginkan . Silahkan kontak lagi untuk hal-hal yang masih kurang jelas. Selamat berusaha dan selamat berjuang agar putra ibu menjadi doyan makan !!!.

    Terima kasih atas partisipasinya.
    Salam
    Dra. Naniek S. R. Apt.
    Apoteker



25 November 1999
Obat apakah yang mujarab untuk menyembuhkan gatal-gatal pada kulit (eksim)?


Umur saya 44+ tahun, berat badan 50, tinggi 170 cm. Menderita rasa gatal-gatal pada telapak kaki dan bagian tungkai. Semula saya kira hanya karena kutu air saja, karena jika disalep dengan salep yang banyak dijual di toko obat itu sembuh, meskipun jika terkena air kotor aau air hujan rasa gatal itu datang lagi. Rasa gatal itu ditandai pula dengan mengelupasnya kulit (jawa: ngglodogi) dengan warna kulit dalam kemerah-merahan, sedangkan pada tungkai penebalan kulit, seperti bekas luka berdarah yang mudah dikelupas. Untuk sementara ini saya minum jamu merek Serbuk Manjur buatan Cilacap Nomor 2 (Sayang nomor registernya pada Departemen Kesehatan saya lupa, yang jelas ada nomor tersebut) dimana pada keteranganya bisa menyembuhkan gatal-gatal pada kulit dsb. Setelah minum jamu tersebut memang gatal yang ada di tungkai hilang dan kulit menjadi halus seperti sediakala. Pada suatu acara pertemuan, saya konsultasikan hal itu kepada petugas kesehatan yang juga seorang Dokter; beliau mengatakan bahwa itu adalah sebangsa eksim. Obat apakah yang dapat menyembuhkan penyakit saya tersebut? Jenis makanan apa yang harus saya hindari? Terima kasih (Bambang).

Jawab :

  1. Bila memang kasus anda adalah eksim, mungkin sulit untuk disembuhkan secara tuntas. Yang dapat anda lakukan adalah mencegah agar eksim tersebut tidak timbul. Faktor penyebab timbulnya lah yang harus diamati dengan cermat, baik berupa makanan atau barang yang mungkin kontak (misal logam, kulit dll) atau bahkan bisa juga stress.  Faktor penyebab ini yang harus dihindari. Faktor penyebab ini sangat individual, artinya tidak sama pada setiap penderita eksim.
  2. Obat yang tersedia hanya untuk menghilangkan “penderitaan”  sementara saja; misalnya agar penderita tak terlalu terganggu oleh rasa gatal-gatal,dll ; tidak menyembuhkan secara tuntas.


Terima kasih atas partisipasinya.
Salam
Dra. Naniek S. R. MSi
Apoteker



25 November 1999
Pemakaian Obat Cacing Combantrin


Anak saya sudah saya beri obet cacing combantrin setiap 3 bulan sekali dosis 1 sendok teh, setiap setelah diberi obat ini cacingnya keluar mati. Apakah pemberian obat dengan dosis tersebut sudah benar? Sekarang sudah berumur 2 tahun, pememberian obat dilakukan sejak umur 1 tahun. Terima kasih, (Fransiskus Kusumba).

Jawab :

  1. Obat cacing Combantrin (Pfizer) mengandung Pirantelpamoat. Dosis Pirantelpamoat untuk anak  10mg/kg berat badan . Bila berat badan putera bapak 10kg, maka dosisnya 10 mg X 10 (kg berat badan) = 100 mg. Combantrin bentuk cair tersedia dalam dua jenis yang berbeda dosisnya. Yang mengandung 125mg/ 5 mL dan 250 mg/5 mL. Jenis mana yang anda gunakan ?    Juga sendok yang anda gunakan apakah sendok teh apotek atau sendok teh rumah ? Sendok teh apotek = 5 mL, bila sendok teh rumah kira-kira 3 mL.
  2. Coba anda perhatikan bentuk cacing yang keluar bersama tinja. Bila ukurannya panjang (10  30 cm), kemungkinan cacing gelang , bila pendek (1cm) mungkin cacing keremi. Agar lebih tuntas, pada cacing gelang, berikan selama 3 hari ber  turut2 1 X dosis (sesuai berat badan) ; bila cacing keremi, 1 X dosis tunggal, 2 minggu kemudian beri lagi 1 X dosis tunggal , sesuai dengan berat badan .


Terima kasih atas partisipasinya.
Salam
Dra. Naniek S. R. MSi
Apoteker




copyright © 1999 PInter Indonesia.